Mengenal Android

Diposkan oleh Samipodo on Sunday, January 23, 2011

Android adalah merupakan sistem operasi Mobile Phone berbasiskan Linux. Android bersifat open source yang source codenya diberikan secara gratis bagi para programmers untuk menciptakan aplikasi mereka supaya dapat di jalankan di Android.Pada mulanya, Android adalah salah satu produk dari Android Inc., namun Google mengakuisisinya menjadi Android Inc., dan semua kekayaan intelektual kepunyaan Android Inc. diperoleh Google Inc. yang selanjutnya mengembangkan kembali sistem Android.mengakuisi Android Inc.

Sekedar buat informasi Android Inc merupakan pendatang baru dalam membuat software untuk telepon seluler yang keberadaannya di Palo Alto, California Amerika Serikat. Maka selanjutnya dibentuklah Open Handset Alliance, sebuah konsorsium yang terdiri dari 34 perusahaan hadware, software, dan telekomunikasi, termasuk salah satunya Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile,  Nvidia, dll. Open Handset Alliance dibentuk dengan tujuan mengembangkan Android yang sebenarnya adalah Operating System OpenSource pertama untuk Mobile Phone.

Pada 5 November 2007 lalu , diterbitkan Android versi pertama dimana Android dengan Open Handset Alliance menyatakan dukungannya terhadap pengembangan standar terbuka pada perangkat mobile phone.Sedangkan Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka untuk perangkat mobile phone.

Sekarang ini terdapat dua jenis distributor operating system Android. Pertama adalah Google Mail Services (GMS) yang mendapat dukungan penuh dari Google dan yang kedua adalah Open Handset Distribution (OHD) yang distribusinya besar dan tidak mendapat dukungan dari Google.

Para Founder Android Inc.bekerja di Google, di antaranya Andy Rubi, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Rumor yang berkembang saat itu banyak yang menganggap bahwa fungsi Android Inc. hanyalah sekedar perangkat lunak untuk telepon seluler.Dan Google hendak memasuki pasar telepon seluler.

Di perusahaan Google, sebuah tim yang dipimpin Rubin bertugas untuk mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini mengindikasikan bahwa Google sedang bersiap untuk menghadapi persaingan ketat dalam pasar telepon seluler. Dan hingga sekarang sudah banyak mobile phone mengunakan operating system Android yang hadir dipasaran, diawali dari Google Nexus One, HTC Legend, Sony Ericcson Xperia X10, Samsung Galaxy S dan masih banyak yang lain.

Beberapa keunggulan Android diantaranya :

1. Fungsi Terbuka

    Android menyediakan akses ke fungsi dasar perangkat mobile phone dengan  menggunakan standar panggilan ke API.

2.Tanpa  Pembatasan

   User dapat menggabungkan informasi dari Internet ke dalam telepon, seperti informasi kontak, atau data pada lokasi geografis untuk mendapatkan kesempatan baru.

3. Kesamaan Aplikasinya

    Pada Android ada perbedaan antara telepon utama aplikasi dan perangkat lunak lain, user bahkan bisa mengubah program untuk memutar nomor, atau screen saver.

4. Perkembangan Yang Cepat dan mudah

Dalam SDK memiliki semua yang user butuhkan bisa membuat dan menjalankan aplikasi Android, termasuk simulator ini instrumen, dan alat debugging maju.

Google mengumpamakan Android sebagai sebuah software yang bertumpuk dan berlapis. Setiap lapisan dari tumpukan ini mengandung beberapa program yang mendukung fungsi-fungsi spesifik dari sebuah sistem operasi.Lapisan dari tumpukan di mulai paling atas adalah sebagai berikut :

a. Linux Kernel

Merupakan tumpukan paling bawah pada arsitektur Android ini adalah kernel.

b. Android Runtime

Merupakan lapisan setelah Kernel Linux adalah Android Runtime.Android.Runtime ini berisikan Core Libraries dan Dalvik Virtual Machine. Core Libraries meliputi serangkaian inti library Java, ini berarti Android menyertakan satu set library-library dasar yang menyediakan sebagian besar fungsi-fungsi yang ada pada library-library dasar bahasa pemprograman Java.

c. Libraries

Lapisan ini berada di level yang sama dengan Android Runtime adalah Libraries. Android menyertakan satu set library- library dalam bahasa C/C++ yang biasa digunakan oleh berbagai komponen yang ada pada sistem Android.

d. Application Framework

Lapisan berikutnya adalah application framework, yang meliputi program untuk mengatur fungsi-fungsi dasar  smartphone. Application Framework adalah serangkaian tool dasar seperti alokasi resource smartphone,aplikasi telepon, pergantian antar – proses atau program, dan pelacakan lokasi fisik telepon.

e. Application

Pada lapisan paling atas bertempat pada aplikasi itu sendiri. Di lapisan inilah user menemukan fungsi-fungsi dasar smartphone seperti untuk menelepon dan mengirim pesan singkat, menjalankan web browser, mengakses daftar kontak,
dan lain-lain. Bagi sebagian besar user, lapisan inilah yang paling sering mereka akses. Mereka mengakses fungsi- fungsi dasar tersebut melalui user interface.

Source : www.archivedream.com
http://archivedream.com/2011/01/tutorial/introduction-of-android/

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment